Cara Membuat Pondasi Rumah Kuat dengan Budget Minim

RUMAHDO.COM – Rumah merupakan impian dari setiap orang. Apalagi jika anda sudah berkeluarga, tentu memiliki rumah sendiri merupakan impian terbesar anda untuk memberikan kenyamanan bagi keluarga anda. Namun, untuk memiliki rumah tidak hanya memerlukan biaya yang sedikit apalagi untuk rumah tingkat. Ada banyak anggaran yang harus dikeluarkan untuk membangun sebuah rumah.

Bagi anda yang memiliki budget minim, solusinya adalah mengakali bahan-bahan bangunan yang digunakan untuk membangun sebuah infrastruktur rumah anda. Salah satunya adalah pondasi, pondasi merupakan aspek penting untuk sebuah rumah agar tetap berdiri kokoh menyanggga seluruh kerangka bangunan. Maka dari itu perlu membuat pondasi yang kuat untuk rumah anda.

Cara Membuat Pondasi Rumah Kuat

Hal tersebut membuat anda harus mengeluarkan uang lebih agar memperoleh pondasi yang kuat. Namun anda jangan khawatir, ada cara membuat pondasi rumah kuat dengan budget minim. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Bahan Dan Cara Membuat Pondasi Rumah Kuat Dengan Budget Minim

Seperti yang telah disebutkan di atas, rumah adalah hal yang paling penting yang harusnya kita miliki, bukan hanya sebagai tempat berteduh dari hujan dan teriknya matahari tapi juga sebagai tempat ternyaman untuk bercengkerama bersama keluarga.

Namun bagi anda yang minim budget, tips dan cara membuat pondasi rumah kuat dengan budget minim berikut ini bisa membantu anda dalam mewujudkan rumah impian anda. Namun, pembuatan pondasi ini juga mempertimbangkan bentuk rumah yang akan anda bangun serta tekstur tanah dimana anda membangunnya. Hal ini berdampak pada menggunaan jenis pondasi yang cocok.

Pemilihan pondasi yang cocok ini juga lah yang membantu anda meminimalkan dana yang harus anda keluarkan. Ada 2 jenis pondasi secara umum, yakni pondasi dangkal dan pondasi dalam, dimana pondasi dalam adalah pondasi yang digunakan untuk bangunan mewah dan memiliki 1 lantai, selain itu juga digunakan pada tekstur tanah yang tidak terlalu keras.

Pondasi Rumah Kuat

Sedangkan untuk pondasi yang dangkal adalah pondasi yang dibuat tidak terlalu dalam dan digunakan pada tekstur tanah yang keras serta padat. Untuk membuat pondasi dangkal bisa dengan menggunakan bahan atau material seperti batu bata merah juga bisa diganti dengan batako keras, batu kali, pondasi lajur serta pondasi pelat setempat. Dari penjelasan tersebut sudah sangat jelas bukan jika pondasi dangkal adalah salah satu alternatif untuk membuat pondasi dengan budget yang minim dan cara memasangnya sama.

Karena memang pondasi dangkal ini sudah cukup memadai untuk mmbuat sebuah rumah sederhana anda tidak mudah retak tembok dan keramiknya.

Namun, untuk membuat pondasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain dari cara membuat pondasi rumah kuat dengan budget minim. Hal-hal tersebut diantaranya yang berikut dengan cara membuat pondasinya adalah sebagai berikut ini:

  • Mempertimbangkan ukuran dan denah dari rumah yang akan dibangun. Anda harus membuat pondasi berdasarkan denah dari rumah anda. Anda bisa membuat pondasi dengan membuat patokan-patokan yang diukur dan disesuaikan dengan ukuran yang ada pada denah. Pembuatan patokan dan pedoman ini disebut dengan bowplank yang dibuat dengan paku dan tali sebagai wujud visualnya.
  • Mempertimbangkan kedalaman galian pondasi, yang mana kedalaman ini berpatokan pada tekstur tanah tempat rumah anda akan dibangun. Jika tekstur tanahnya keras, maka kedalaman pondasi anda cukup 40-50 cm dan dengan lebar kira-kira 30-40 cm. Namun, jika tekstur tanahnya tidak padat dan lembut maka kedalaman pondasi harus lebih dalam lagi dan harus mengerucutkan pada bagian bawah pondasi.

Kemudian tata dan susun bahan-bahan yang ada sesuai dengan daerah anda pada galian pondasi sejalan dengan bowplank yang telah dibuat tadi. Sebelum menentukan model seperti apa rumah anda yang akan dibangun, pastikan anda sudah mengukur dan semua ruangan sudah benar seperti ruang tamu, ruang tv dan ruang makan.